Business Plan Croffle
BUSINESS PLAN
“ CROFFLE ”
DISUSUN OLEH :
FIAN NUR DWIANSYAH
I.
Latar Belakang
Sejak
pandemi Covid-19 melanda seluruh penjuru
dunia menjadikan seluruh manusia harus tetap dirumah, mengatur pola makan dan menjaga
kondisi badan agar terus sehat. Pastinya selain daripada itu semua membuat ekonomi
negara semakin menurun menjadikan PHK dimana mana.
Namun disamping itu ada ide-ide unik nan menarik jenis makanan yang tersedia pada saat ini, yaitu Croffle atau croissant + Waffle. Menurut The Kraze Magazine, croffle awalnya dibuat oleh pastry chef Louise Lennox pada 2017. Adonan croissant biasa digulung dan ditempatkan ke dalam pembuat wafel untuk membuat kue puff yang lebih renyah.
Croffle aslinya memang hanya merupakan adonan croissant
yang dimasak dengan menggunakan cetakan wafel. Supaya tidak bosan menyantapnya,
Louise Lennox membuat inovasi pertama dari croffle yakni diberi campuran
alpukat, tomat manis, krim keju feta, dan taburan remah gremolata. Pada bagian
atasnya diberi taburan kacang hazelnut panggang yang sudah dicincang kasar.
Setelah itu ada banyak inovasi croffle lainnya. Mulai dari yang diberi siraman
saus ayam hingga yang bercita rasa manis yakni dengan diberi gula pasir serta
madu sehingga akan timbul lapisan karamelisasi pada bagian atasnya.
Croffle
awalnya memang ditemukan di negara Eropa, tapi uniknya camilan ini menjadi
sangat populer di Korea Selatan. Ternyata hal ini ada alasannya. Seorang
penyanyi bernama Kang Min Kyung yang mengatakan kalau makanan kesukaannya
adalah croffle telah membuat geger masyarakat Korea saat itu. Mereka menjadi
penasaran dengan camilan yang katanya punya rasa enak tersebut. Sejak saat itu,
croffle menjadi camilan yang banyak dicari oleh masyarakat Korea.
II.
Visi
dan Misi Usaha
Visi
-
Menjual jajanan dengan harga yang lebih murah agar nantinya dapat dinikmati
semua kalangan.
-
Tidak berhenti berinovasi dan mengevaluasi untuk memberikan rasa sesuai dengan selera masyarakat
umum.
-
Menjadi penjual jajanan yang memiliki kualitas terbaik dan mampu bersaing di
pasar lokal maupun nasional.
Misi
-
Menghadirkan menu croffle yang baru setiap waktu. Selain itu selalu berinovasi
untuk menyediakan croffle yang berbeda dari lainnya.
-
Kami akan berusaha merekrut karyawan-karyawan baru yang berkompeten dan
memiliki kinerja yang terbaik.
-
Kami akan berusaha bekerja sama dengan supply bahan baku pembuatan produk yang
memiliki kualitas yang baik dan halal.
-
Kami akan selalu menjaga komunikasi yang baik antar karyawan dan pelanggan,
Dimana karyawan harus mendahulukan etika, sopan santun dan pelayanan yang
terbaik kepada konsumen.
-
Kami berusaha selalu memastikan konsumen merasa puas dengan pelayanan dan
produk yang tersedia.
III.
Gambaran Produk
Kami menghasilkan produk berupa croffle
yang diberi nama Croffle Bejo. Makanan jajanan yang kekinian ini memiliki karakter
manis dan creamy. Perpaduan tekstur yang agak kenyal dengan tekstur garing yang pastinya mampu menggoyangkan lidah bagi siapapun hehe….
Jajanan ini sangat cocok dimakan
dalam penyajian yang baru saja dibuat atau masih hangat-hangatnya. Pada saat
ini hanya tersedia 4 varian rasa yaitu Original, Chocolate Milk, Banana Chocolate,
Strawberry Milk. Dalam varian rasa nantinya akan terus kami kembangkan dengan
seiringnya permintaan masyarakat umum.
IV. Rencana Usaha
a. Persiapan
Dalam usaha Croffle ini, bahan baku berupa tepung terigu dan mentega. Untuk jam operasional dimulai dari pukul 10 pagi hingga jam 10 malam setiap hari. Tersedia pembelian online maupun COD (Cash On Delivery), jika ada yang ingin langsung mengambil bisa ke rumah karena homemade.
b. Strategi Pemasaran
1.
Product
2.
Price
Masyarakat zaman sekarang terutama
kaum milenial banyak sekali yang ingin membeli Croffle dengan harga murah, rasa
yang enak dan tentu unik. Biasanya Croffle ini dipasaran dijual dengan range
harga Rp.30.000 – Rp.50.000. Tetapi di Croffle Bejo ini dijual dimulai dengan
harga Rp.15.000,00/box.
3.
Place
Pada lokasi penjualan kami memilih di pasar malam, Car
Free Day (CFD), Festival Makanan, maupun semacamnya. Dan kami juga menyediakan penerimaan
pesanan dalam berbagai acara pesta, arisan dan sebagainya.
4.
Promotion
Metode pemasaran atau promosi untuk memperkenalkan Croffle
Bejo dengan media sebagai berikut :
- Promosi ke media sosial seperti media facebook, tiktok, Instagram dan lain-lain.
- Meminta bantuan promosi kepada teman, kerabat, saudara maupun keluarga.
- Menghubungkan dengan aplikasi yang berbasis online seperti ; gofood, grabfood, shopeefood atau semacamnya.
- Memberikan promo yang menarik.
- Dalam memaksimalkan penjualan produk langkah yang paling manjur dan mujarab yaitu menggunakan jasa endorsemet kepada selebgram atau selebtiktok.
c. Rencana Anggaran
Bahan-Bahan |
Banyaknya |
Harga |
Harga per kg |
Bahan Baku Croffle Original |
|||
Gula Pasir |
3 sdm |
Rp450 |
Rp15,000 |
Susu |
200 ml |
Rp3,600 |
Rp18,000 |
Ragi |
6 gr |
Rp480 |
Rp80,000 |
Tepung Terigu |
290 gr |
Rp2,900 |
Rp10,000 |
Garam |
0.5 sdt |
Rp500 |
Rp10,000 |
Mentega |
150 gr |
Rp133 |
Rp20,000 |
JUMLAH |
|
Rp8,063 |
Rp153,000 |
Bahan-Bahan |
Banyaknya |
Harga |
Harga per kg |
Bahan Baku Milk Chocolate |
|||
Gula Pasir |
3 sdm |
Rp450 |
Rp15,000 |
Susu |
200 ml |
Rp3,600 |
Rp18,000 |
Ragi |
6 gr |
Rp480 |
Rp80,000 |
Tepung Terigu |
290 gr |
Rp2,900 |
Rp10,000 |
Garam |
0.5 sdt |
Rp500 |
Rp10,000 |
Mentega |
150 gr |
Rp133 |
Rp20,000 |
Bahan Baku Topping |
|||
Coklat Bubuk |
2 sdm |
Rp1,840 |
Rp92,000 |
Susu Kental Manis |
3 sdm |
Rp750 |
Rp25,000 |
JUMLAH |
|
Rp10,653 |
Rp270,000 |
Bahan-Bahan |
Banyaknya |
Harga |
Harga per kg |
Bahan Baku Milk Strawberry |
|||
Gula Pasir |
3 sdm |
Rp450 |
Rp15,000 |
Susu |
200 ml |
Rp3,600 |
Rp18,000 |
Ragi |
6 gr |
Rp480 |
Rp80,000 |
Tepung Terigu |
290 gr |
Rp2,900 |
Rp10,000 |
Garam |
0.5 sdt |
Rp500 |
Rp10,000 |
Mentega |
150 gr |
Rp133 |
Rp20,000 |
Bahan Baku Topping |
|||
Selai Strawberry |
2 sdm |
Rp440 |
Rp22,000 |
Susu Kental Manis |
3 sdm |
Rp750 |
Rp25,000 |
JUMLAH |
|
Rp9,253 |
Rp200,000 |
Bahan-Bahan |
Banyaknya |
Harga |
Harga per kg |
Bahan Baku Banana Chocolate |
|||
Gula Pasir |
3 sdm |
Rp450 |
Rp15,000 |
Susu |
200 ml |
Rp3,600 |
Rp18,000 |
Ragi |
6 gr |
Rp480 |
Rp80,000 |
Tepung Terigu |
290 gr |
Rp2,900 |
Rp10,000 |
Garam |
0.5 sdt |
Rp500 |
Rp10,000 |
Mentega |
150 gr |
Rp133 |
Rp20,000 |
Bahan Baku Topping |
|||
Selai Strawberry |
2 sdm |
Rp440 |
Rp22,000 |
Susu Kental Manis |
3 sdm |
Rp750 |
Rp25,000 |
Pisang |
1 pisang |
Rp2,000 |
Rp25,000 |
JUMLAH |
|
Rp11,253 |
Rp225,000 |
- Total Keseluruhan : Rp 848.000
V. Penutup
Dalam bisnis plan Croffle ini yang kami buat harapannya kedepannya bagi temen-temen atau pembaca dapat menambah wawasan mengenai dunia bisnis. Sehingga para pembaca mendapat gambaran sebelum memulai usaha terutama pada bisnis croffle.
Dan juga harapan bagi kami masyarakat dan pembaca semua dapat income atau pendapatan sampingan dan membuka lapangan pekerjaan. Karena dalam masa transisi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negeri kami pun merasa berat dalam masa kini untuk membangun ekonomi negeri tercinta.
Kami sadar bahwa bisnis plan yang kami buat masih banyak kurangnya karena kesempurnaan datangnya dari mahakuasa dan kekurangan datangnya dari diri saya pribadi kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Mungkin jika ada kritik & saran bisa disampaikan pada kolom chat atau hubungi contact person kami.
Referensi :
ttps://pergikuliner.com/blog/menilik-sejarah-croffle-kuliner-viral-yang-bikin-pembelinya-antri
Refrensi buat saya kakk, terima kasih
ReplyDeleteMenambah wawasan si mantul
ReplyDelete