Business Plan Croffle

 

BUSINESS PLAN

“ CROFFLE ”


 


 

 

DISUSUN OLEH :

 

                        FIAN NUR DWIANSYAH                     

 

I.              Latar Belakang

Sejak pandemi  Covid-19 melanda seluruh penjuru dunia menjadikan seluruh manusia harus tetap dirumah, mengatur pola makan dan menjaga kondisi badan agar terus sehat. Pastinya selain daripada itu semua membuat ekonomi negara semakin menurun menjadikan PHK dimana mana. 

Namun disamping itu ada ide-ide unik nan menarik jenis makanan yang tersedia pada saat ini, yaitu Croffle atau croissant + Waffle. Menurut The Kraze Magazine, croffle awalnya dibuat oleh pastry chef Louise Lennox pada 2017. Adonan croissant biasa digulung dan ditempatkan ke dalam pembuat wafel untuk membuat kue puff yang lebih renyah.

Croffle aslinya memang hanya merupakan adonan croissant yang dimasak dengan menggunakan cetakan wafel. Supaya tidak bosan menyantapnya, Louise Lennox membuat inovasi pertama dari croffle yakni diberi campuran alpukat, tomat manis, krim keju feta, dan taburan remah gremolata. Pada bagian atasnya diberi taburan kacang hazelnut panggang yang sudah dicincang kasar. Setelah itu ada banyak inovasi croffle lainnya. Mulai dari yang diberi siraman saus ayam hingga yang bercita rasa manis yakni dengan diberi gula pasir serta madu sehingga akan timbul lapisan karamelisasi pada bagian atasnya.

Croffle awalnya memang ditemukan di negara Eropa, tapi uniknya camilan ini menjadi sangat populer di Korea Selatan. Ternyata hal ini ada alasannya. Seorang penyanyi bernama Kang Min Kyung yang mengatakan kalau makanan kesukaannya adalah croffle telah membuat geger masyarakat Korea saat itu. Mereka menjadi penasaran dengan camilan yang katanya punya rasa enak tersebut. Sejak saat itu, croffle menjadi camilan yang banyak dicari oleh masyarakat Korea.

II.               Visi dan Misi Usaha

Visi

- Menjual jajanan dengan harga yang lebih murah agar nantinya dapat dinikmati semua kalangan.

- Tidak berhenti berinovasi dan mengevaluasi  untuk memberikan rasa sesuai dengan selera masyarakat umum.

- Menjadi penjual jajanan yang memiliki kualitas terbaik dan mampu bersaing di pasar lokal maupun nasional.

Misi

- Menghadirkan menu croffle yang baru setiap waktu. Selain itu selalu berinovasi untuk menyediakan croffle yang berbeda dari lainnya.

- Kami akan berusaha merekrut karyawan-karyawan baru yang berkompeten dan memiliki kinerja yang terbaik.

- Kami akan berusaha bekerja sama dengan supply bahan baku pembuatan produk yang memiliki kualitas yang baik dan halal.

- Kami akan selalu menjaga komunikasi yang baik antar karyawan dan pelanggan, Dimana karyawan harus mendahulukan etika, sopan santun dan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.

- Kami berusaha selalu memastikan konsumen merasa puas dengan pelayanan dan produk yang tersedia.

III.            Gambaran Produk



Kami menghasilkan produk berupa croffle yang diberi nama Croffle Bejo. Makanan jajanan yang kekinian ini memiliki karakter manis dan creamy. Perpaduan tekstur yang agak kenyal dengan tekstur garing yang pastinya mampu menggoyangkan lidah bagi siapapun hehe….

Jajanan ini sangat cocok dimakan dalam penyajian yang baru saja dibuat atau masih hangat-hangatnya. Pada saat ini hanya tersedia 4 varian rasa yaitu Original, Chocolate Milk, Banana Chocolate, Strawberry Milk. Dalam varian rasa nantinya akan terus kami kembangkan dengan seiringnya permintaan masyarakat umum.


IV.         Rencana Usaha

      a. Persiapan

Dalam usaha Croffle ini, bahan baku berupa tepung terigu dan mentega. Untuk jam operasional dimulai dari pukul 10 pagi  hingga jam 10 malam setiap hari. Tersedia pembelian online maupun COD (Cash On Delivery), jika ada yang ingin langsung mengambil bisa ke rumah karena homemade.

b. Strategi Pemasaran

    1.     Product

Produk yang berupa Croffle diberi nama Croffle Bejo. Memiliki 4 varian rasa yaitu Original, Chocolate Milk, Banana Chocolate, Strawberry Milk.

2.     Price

Masyarakat zaman sekarang terutama kaum milenial banyak sekali yang ingin membeli Croffle dengan harga murah, rasa yang enak dan tentu unik. Biasanya Croffle ini dipasaran dijual dengan range harga Rp.30.000 – Rp.50.000. Tetapi di Croffle Bejo ini dijual dimulai dengan harga Rp.15.000,00/box.


 

3.     Place

Pada lokasi penjualan kami memilih di pasar malam, Car Free Day (CFD), Festival Makanan, maupun semacamnya. Dan kami juga menyediakan penerimaan pesanan dalam berbagai acara pesta, arisan dan sebagainya.

4.     Promotion

Metode pemasaran atau promosi untuk memperkenalkan Croffle Bejo dengan media sebagai berikut :

- Promosi ke media sosial seperti media facebook, tiktok, Instagram dan lain-lain.

Meminta bantuan promosi kepada teman, kerabat, saudara maupun keluarga.

Menghubungkan dengan aplikasi yang berbasis online seperti ; gofood, grabfood, shopeefood atau semacamnya.

- Memberikan promo yang menarik.

Dalam memaksimalkan penjualan produk langkah yang paling manjur dan mujarab yaitu menggunakan jasa endorsemet kepada selebgram atau selebtiktok.

    c. Rencana Anggaran

Bahan-Bahan

Banyaknya

Harga

Harga per kg

Bahan Baku Croffle Original

Gula Pasir

3 sdm

Rp450

Rp15,000

Susu

200 ml

Rp3,600

Rp18,000

Ragi

6 gr

Rp480

Rp80,000

Tepung Terigu

290 gr

Rp2,900

Rp10,000

Garam

0.5 sdt

Rp500

Rp10,000

Mentega

150 gr

Rp133

Rp20,000

JUMLAH

 

Rp8,063

Rp153,000

Bahan-Bahan

Banyaknya

Harga

Harga per kg

Bahan Baku Milk Chocolate

Gula Pasir

3 sdm

Rp450

Rp15,000

Susu

200 ml

Rp3,600

Rp18,000

Ragi

6 gr

Rp480

Rp80,000

Tepung Terigu

290 gr

Rp2,900

Rp10,000

Garam

0.5 sdt

Rp500

Rp10,000

Mentega

150 gr

Rp133

Rp20,000

Bahan Baku Topping

Coklat Bubuk

2 sdm

Rp1,840

Rp92,000

Susu Kental Manis

3 sdm

Rp750

Rp25,000

JUMLAH

 

Rp10,653

Rp270,000

Bahan-Bahan

Banyaknya

Harga

Harga per kg

Bahan Baku Milk Strawberry

Gula Pasir

3 sdm

Rp450

Rp15,000

Susu

200 ml

Rp3,600

Rp18,000

Ragi

6 gr

Rp480

Rp80,000

Tepung Terigu

290 gr

Rp2,900

Rp10,000

Garam

0.5 sdt

Rp500

Rp10,000

Mentega

150 gr

Rp133

Rp20,000

Bahan Baku Topping

Selai Strawberry

2 sdm

Rp440

Rp22,000

Susu Kental Manis

3 sdm

Rp750

Rp25,000

JUMLAH

 

Rp9,253

Rp200,000

Bahan-Bahan

Banyaknya

Harga

Harga per kg

Bahan Baku Banana Chocolate

Gula Pasir

3 sdm

Rp450

Rp15,000

Susu

200 ml

Rp3,600

Rp18,000

Ragi

6 gr

Rp480

Rp80,000

Tepung Terigu

290 gr

Rp2,900

Rp10,000

Garam

0.5 sdt

Rp500

Rp10,000

Mentega

150 gr

Rp133

Rp20,000

Bahan Baku Topping

Selai Strawberry

2 sdm

Rp440

Rp22,000

Susu Kental Manis

3 sdm

Rp750

Rp25,000

Pisang

1 pisang

Rp2,000

Rp25,000

JUMLAH

 

Rp11,253

Rp225,000

-     Total Keseluruhan : Rp 848.000

       V.         Penutup

        Dalam bisnis plan Croffle ini yang kami buat harapannya kedepannya bagi temen-temen atau pembaca dapat menambah wawasan mengenai dunia bisnis. Sehingga para pembaca mendapat gambaran sebelum memulai usaha terutama pada bisnis croffle.

            Dan juga harapan bagi kami masyarakat dan pembaca semua dapat income atau pendapatan sampingan dan membuka lapangan pekerjaan. Karena dalam masa transisi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negeri kami pun merasa berat dalam masa kini untuk membangun ekonomi negeri tercinta. 

            Kami sadar bahwa bisnis plan yang kami buat masih banyak kurangnya karena kesempurnaan datangnya dari mahakuasa dan kekurangan datangnya dari diri saya pribadi kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

        Mungkin jika ada kritik & saran bisa disampaikan pada kolom chat atau hubungi contact person kami.


    Referensi :

    ttps://pergikuliner.com/blog/menilik-sejarah-croffle-kuliner-viral-yang-bikin-pembelinya-antri

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4625033/sejarah-croffle-camilan-populer-yang-sedang-digandrungi

https://www.kompas.com/food/read/2021/08/11/153200175/resep-croffle-ala-devina-hermawan-cuma-butuh-6-bahan

h










Comments

Post a Comment