Kisi-Kisi UU Sistem Pengendalian Manajemen

Kisi-Kisi UjianUtama Sistem Pengendalian Manajemen

1.      Konsep dari sistem apakah bahwa sebuah organisasi harus dikendalikan yaitu perangkat harus ada pada tempatnya untuk memastikan bahwa tujuan strateginya dapat tercapai? 

      a. Sistem Informasi Akuntansi

b.      Sistem Manajemen Strategik

c.      Sistem Pengendalian Manajemen

d.      Sistem Pengendalian Perencanaan dan Pengendalian

2.      Elemen sistem pengendalian manajemen yang bisa mengukur efektifitas dari sistem pengendalian yang sudah ditetapkan dengan pelaksanaan yaitu: 

      a. Pelacak (Detector)

b.      Penaksir (Assesor)

c.      Effector

d.      Jaringan Komunikasi

3.      Ruang lingkup sistem pengendalian manajemen yang melakukan formula strategik memilki sifat akhir produk: 

       a. Penerapan Strategi

b.      Tujuan, Strategi dan Kebijakan

c.      Kinerja yang efisien dan efektif

d.      Operasional strategi

4.      Kinerja yang efisien dan efektif merupakan sifat akhir produk dari ruang lingkup sistem pengendalian manajemen aktivitas: 

      a. Pengendalian Tugas

b.      Pengendalian Manajemen

c.      Formula Strategi

d.      Sistem Pengendalian Manajemen

5.      Berikut ini merupakan hasil akhir dari proses perumusan strategi meliputi, kecuali:

a.        Tingkat Keuntungan

b.        Produktivity

c.        Market Position

d.        Produt Communication

6.      Hasil akhir dari perumusan strategi berupa perusahaan yang menguasai pangsa pasar produk 30 persem, termasuk ke dalam istilah: 

        a. Tingkat Keuntungan

b.      Market Position

c.      Personal Development

d.      Employee Attitudes

7.      Konsep Strategi dalam melihat kekuatan dan kelemahan pada analisis internal, kecuali: 

        a. Peraturan

b.      Keuangan

c.      Manajerial

d.      Fungsional

8.      Dibawah ini yang bukan termasuk kategori perusahaan, yaitu:

a.        Jenis usaha tunggal

b.        Jenis usaha diversifikasi yang tidak saling berhubungan

c.        Jenis usaha diversifikasi yang saling berhubungan

d.        Jenis usaha jasa dan manufaktur

9.      Faktor informal yang mempengaruhi keselarasan tujuan dibawah ini termasuk informal, yaitu:

a.        Etos kerja

b.        Keuletan

c.        Gaya Manajemen

d.        Motivasi

10.  Faktor informal yang mempengaruhi keselarasan tujan dibawah ini termasuk eksternal yaitu:

a.        Motivasi

b.        Budaya

c.        Gaya Manajemen

d.        Persepsi dan Komunikasi

11.  Sistem Pengendalian Manajemen memiliki karakter formal berupa:

a.        Aturan-aturan

b.        Pengendalian Fisik

c.        Manual-Manual

d.        Pengamanan Manajemen

12.  Fungsi pengendali (controller) didalam menjalankan tugasnya harus mampu mengerjakan:

a.        Merancang dan mengoperasikan inforamsi serta sistem pengendalian

b.        Menyiapkan pernyataan keuangan dan laporan keuangan

c.        Menyiapkan dan menganalisis laporan kienrja, menginterprestasikan laporan ini untuk para manajer, menganalisis program dan proposal anggaran dari berbagai segmen perusahaan serta mengkoordinasikan ke dalam anggaran tahunana secara keseluruhan

d.        Melakukan supervisi audit internal dan mencatat prosedur pengendalian untuk meragukan validasi informasi menetapkan pengamanan yang memdai terhadap pencurian dan kecurangan serta menjalankan audit operasional kaitannya dengan fungsi kendali

13.  Sifat Pusat Pertanggungjawaban dalam suatu organisasi harus memiliki konsep:

a.        Hubungan antara Input & Output

b.        Mengukur Input & Output

c.        Efisiensi & Efektivitas

d.        Semua jawaban A, B, dan C benar

14.  Suatu Divisi personalia merupakan divisi yang dalam melakukan aktivitasnya menjadi pusat pertanggungjawaban: 

        a. Pusat Biaya

b.      Pusat Administrasi Umum

c.      Pusat Laba

d.      Pusat Investasi

15.  Divisi yang merupakan pusat pertanggungjawaban dalam menghasilkan laba dari hasil penjualan produk suatu perusahaan yaitu: 

        a. Divisi Marketing

b.      Divisi Finance

c.      Divisi Purchasing

d.      Divisi Production

16.  Pusat pertanggungjawaban pada laba memiliki manfaat yaitu, kecuali:

a.        Keputusan tentang operasional lebih cepat

b.        Kualitas keputusan lebih baik

c.        Manajer kantor psuat lebih memfokuskan diri pada keputusan yang lebih sempit

d.        Kesadaran profit akan meningkat

17.  Kebijakan pusat laba menghasilkan seseorang untuk lebih menghasilkan hasil kerja yang lebih baik dengan melakukan:

a.        Kesadaran profit akan stabil

b.        Pengukuran prestasi dari suatu divisi lebih dipersempit

c.        Manajer divisi lebih bebas berkreasi dan berinisiatif

d.        Dapat mengurangi prestasi kompetitif

18.  Pengukuran Kinerja Pusat Laba pada organisasi dengan menghasilkan karyawan yang disiplin, loyalitas, merupakan contoh dari kinerja:

a.        Manajemen

b.        Ekonomi Pusat Laba

c.        Pemasaran

d.        Keuangan

19.  Tujuan Pengukuran Prestasi Pusat Laba pada suatu organisasi, yaitu:

a.        Menentukan Kontribusi sebuah pusat laba

b.        Sebagai dasar dalam mengevaluasi kinerja pusat kerugian

c.        Memotivasi karyawan tidak tetap pusat laba

d.        Delegasi pengendalian

20.  Harga transfer merupakan salah satu kebijakan perusahaan dalam pembelian produk yang dihasilkan salah satu divisi dan dijadikan bahan baku oleh divisi pembeli dalam satu perusahaan. Tujuan harga transfer yaitu:

a.        Memberikan informasi relevan bagi pada manajer

b.        Mencapai keselarasan tujuan pribadi manajer

c.        Mengukur Kinerja Ekonomi manajer

d.        Mengukur Kinerja Manajer divisi secara subjektif

21.  Dalam Proses pengukuran perstasi pusat laba dibutuhkan elemen yaitu:

a.        Tidak Tersedianya anggaran atau rencana

b.        Pemahaman dan penerimaan logika pengukuran oleh seluruh karaywan

c.        Delegasi pengendalian yang tidak konsisten dengan tanggungjawab yang dibebankan

d.        Adanya konsistensi pengukuran di antara divisi dalam perusahaan

22.  Data berikut ini untuk menjawab soal no. 22 s.d 26

PT Cahaya Bulan memproduksi tiga produk X, Y dan Z. Data produk dan biaya sebagai berikut:

Keterangan

Divisi A

Divisi B

Divisi C

Produk

X

Y

Z

Jumlah yang diproduksi

15.000 Unit

15.000 Unit

15.000 Unit

Biaya standar per unit

 

Bahan baku yang dibeli dari luar

Biaya Tenaga Kerja Langsung

Biaya Overhead Variabel

Biaya Overhead Tetap

 

 

Rp2.500

Rp1.500

Rp1.000

Rp1.000

 

 

Rp2.000

Rp1.500

Rp1.000

Rp1.000

 

 

Rp1.000

Rp2.500

Rp1.500

Rp   500

Aktiva Tetap Bersih

Rp60.000.000

Rp75.000.000

Rp45.000.000

Produk X merupakan komponen bahan baku Divisi B. Sedangkan Produk Y merupakan komponen bahan baku divisi C. Divisi manakah yang hanya sebagai divisi penjual?

a.        Divisi A

b.        Divisi B

c.        Divisi C

d.        Divisi A, B dan C

23.  Produk X merupakan komponen bahan baku Divisi B, sedangkan produk Y merupakan komponen bahan baku Divisi C. Divisi manakah yang sebagai divisi pembeli dan penjual? 

        a. Divisi A

b.      Divisi B

c.      Divisi C

d.      Divisi A, B dan C

24.  Jika Harga Transfer disepakati sebesar Total biaya variabel ditambah 32% tingkat pengembalian aktiva bersih. Berapakah harga transfer produk A?

     a. Rp5.000

b.      Rp6.280

c.      Rp10.780

d.      Rp12.380

25.  Jika Harga Transfer disepakati sebsar Total biaya variabel ditambah 32% tingkat pengembalian aktiva bersih. Berapakah harga transfer produk B?

     a. Rp5.000

b.      Rp6.280

c.      Rp10.780

d.      Rp12.380

26.  Produk X merupakan komponen bahban baku Divisi B, sedangkan produk Y merupakan komponen bahan baku Divisi C. Tentukan harga jual produk Z dengan ketentuan: (Total biaya variabel standart + 32% tingkat pengembalian aktiva bersih) + mark up 48% x (Total biaya variabel standart + 32% tingkat pengembalian aktiva bersih)

     a. Rp17.380

b.      Rp18.340

c.      Rp27.143

d.      Rp12.380

27.  Penerapan harga transfer di dalam suatu organisasi dapat berjalan dengan baik, jika dipenuhi syarat sebagai berikut: a. Orang yang berkompeten

b.      Iklim yang baik

c.      Kebebasan Sumber

d.      Semua jawaban benar

28.  Berikut ini yang bukan dasar dalam Penentuan harga transfer adalah:

a.        Harga pasar

b.        Biaya

c.        Negosiasi (Negosiasi antar divisi dan Penentuan metode dua langkah)

d.        Metode Pembagian Investasi

29.  Harga transfer yang ditentukan oleh eksekutif atau badan lain yang ditugasi untuk menarbitrasi harga transfer setelah orang atau badan lain tersebut berdialog dengan para manajer yang bersangkutan disebut:

a.        Harga transfer berdasarkan harga Pasar

b.        Harga transfer berdasarkan harga Biaya

c.        Harga transfer berdasarkan harga Arbitrasi

d.        Harga transfer berdasarkan divisi terintegrasi

30.  Perusahaan yang memiliki divisi-divisi yang terintegrasi menghadapi banyak masalah dalam penentuan harga transfer karena divisi penjual mentransfer semua produknya pada divisi pembeli dalam perusahaan yang sama. Kondisi ini sering disebut dengan penjualan eksklusif. Perusahaan disarankan menggunakan metode harga transfer?

      a. Harga transfer berdasarkan metode dua-langkah

b.      Harga transfer berdasarkan negosiasi

c.      Harga transfer berdasarkan harga Arbitrasi

d.      Harga transfer berdasarkan divisi terintegrasi

31.  Dasar penentuan investasi yang digunakan untuk penentuan Return on Investment memengaruhi hasil pencapaian investasi. Yang bukan dasar penentuan investasi yaitu:

         a. Total aktiva lancar + Total aktiva tetap

b.      Total aktiva yang digunakan

c.      Total Modal dikurangi total hutang jangka panjang

d.      Modal Sendiri

32.  Selisih antara laba operasi dan jumlah kembalian uang yang diharapkan atas aktiva operasi perusahaan disebut:

a.        Return on Invesment

b.        Residual Income

c.        Return on Asset

d.        Cost Capital

33.  Data berikut untuk menjawab no. 33 s.d 36.

Manis Rasa Company menggunakan Return on Invesment (ROI) untuk mengukur kinerja setiap divisinya. Berikut data anggaran dan realisasi untuk ketiga divisi Dihaza Company untuk tahun 2013 (dalam ribuan rupiah).

Keterangan

Divisi A

Divisi B

Divisi C

Anggaran Laba

Realisasi Laba

 

Anggaran rata-rata Aktiva Lancar

Realisasi rata-rata Aktiva Lancar

 

Anggaran rata-rata Aktiva Tetap

Realisasi rata-rata Aktiva Tetap

4.000 5.000

 

15.000 12.000

 

45.000

45.000

7.000 7.000

 

24.000 22.000

 

60.000

58.000

10.000

8.000

 

30.000 30.000

 

50.000

55.000

Berapakah hasil dari Return on Invesment berdasarkan data anggara Manis Rasa Company? a. Divisi A=8,88%. Divisi B=8,33%. Divisi C=9,4%.

b.      Divisi A=6,67%. Divisi B=8,33%. Divisi C=12,5%.

c.      Divisi A=8,88%. Divisi B=8,75%. Divisi C=9,4%.

d.      Divisi A=6,67%. Divisi B=8,33%. Divisi C=9,4%.

34.  Berapakah hasil dari Return on Invesment berdasarkan datar Realisasi Manis Rasa Company?

a.        Divisi A=8,88%. Divisi B=8,33%. Divisi C=9,4%.

b.        Divisi A=6,67%. Divisi B=8,33%. Divisi C=12,5%.

c.        Divisi A=8,88%. Divisi B=8,75%. Divisi C=9,4%.

d.        Divisi A=6,67%. Divisi B=8,33%. Divisi C=9,4%.

35.  Berapakah hasil perhitungan Economic Value Added (EVA) realisasi setiap divisi jika biaya modal aktiva lancar 3%  & aktiva tetap 5%?

a.        Divisi A=Rp2.700, Divisi B=Rp3.280, Divisi C=Rp6.600

b.        Divisi A=Rp2.390, Divisi B=Rp3.440, Divisi C=Rp4.350

c.        Divisi A=Rp2.700, Divisi B=Rp3.280, Divisi C=Rp4.350

d.        Divisi A=Rp2.390, Divisi B=Rp3.280, Divisi C=Rp6.600

36.  Berapakah hasil perhitungan Economic Value Added (EVA) realisasi setiap divisi jika biaya modal aktiva lancar 3%  & aktiva tetap 5%?

a.        Divisi A=Rp2.700, Divisi B=Rp3.280, Divisi C=Rp6.600

b.        Divisi A=Rp2.390, Divisi B=Rp3.440, Divisi C=Rp4.350

c.        Divisi A=Rp2.700, Divisi B=Rp3.280, Divisi C=Rp4.350

d.        Divisi A=Rp2.390, Divisi B=Rp3.280, Divisi C=Rp6.600

37.  Perencanaan strategis adalah proses memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang akan dialokasikan ke setiap program selama beberapa tahun ke depan merupakan pendekatan dari?

     a. Perencanaan Strategi

b.      Penyusunan Anggaran

c.      Pengukuran Kinerja Keuangan

d.      Konsep Strategi

38.  Karakteristik dari Perencanaan Strategis, kecuali:

a.        Hubungan dengan Formulasi Strategis

b.        Evolusi dari Perencaan Strategis

c.        Kelemahan dari Perencanaan Strategis

d.        Struktur dan Isi Program

39.  Dalam menganalisis Program Baru yang diusulkan pada perencaana strategi dibutuhkan analisis yaitu:

a.        Analisis Investasi Modal

b.        Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis)

c.        Hubungan dengan Pemasok

d.        Hubungan dengan Pelanggan

40.  Dalam menganalisis Program yang sedang berjalan pada perencanaan strategi dibutuhkan analisis yaitu:

a.        Analisis Investasi Modal

b.        Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis)

c.        Hubungan dengan Pemasok

d.        Hubungan dengan Pelanggan

41.  Yang bukan merupakan keunggulan bersaing dalam analisis industri ….

a.        Posisi bersaing pelanggan

b.        Posisi bersaing pemasok

c.        Posisi bersaing distributor

d.        Ancaman barang substitusi

42.  Berikut ini keunggulan bersaing Low Cost, kecuali ….

a.        Skala produksi yang ekonomis

b.        Maksimalisasi biaya riset dan pengembangan

c.        Efek kurva pengalaman

d.        Pengetatan pengendalian biaya 

43.  Keunggulan bersaing berasal dari ….

a.        Nilai yang lebih baik kepada pelanggan pada cost yang setara

b.        Nilai pelanggan setara pada pada cost yang lebih rendah

c.        Jawaban a dan b salah

d.        Jawaban a dan b benar

44.  Yang bukan merupakan aktivitas pendukung dalam pengendalian manajemen ….

a.        Sumber Daya Alam

b.        Sumber Daya Manusia

c.        Keuangan

d.        Teknologi Informasi

45.  Faktor-faktor internal perilaku dalam organisasi antara lain, kecuali ....

a.        Budaya

b.        Organisasi Internal

c.        Etos Kerja

d.        Persepsi dan Komunikasi

46.  Yang bukan jenis aturan dalam pengamanan sistem adalah ….

a.        Pemeriksaan silang secara terinci

b.        Pembubuhan tandatangan

c.        Melakukan pemilihan

d.        Password computer

47.  Tiga kategori umum organisasi adalah sebagai berikut, kecuali ....

a.        Struktur Fungsional

b.        Struktur Unit Bisnis

c.        Struktur Matriks

d.        Jawaban A, B dan C salah

48.  Berikut ini yang bukan fungsi controller, yaitu ….

a.        Merancang dan mengoperasikan informasi serta sistem pengendalian

b.        Menyiapkan pernyataan keuangan dan laporan keuangan

c.        Melakukan supervisi audit eksternal

d.        Mengembangkan personal dalam organisasi pengendali

49.  Jenis-jenis pusat tanggungjawab antara lain, kecuali ….

a.        Pusat Pendapatan

b.        Pusat Beban

c.        Pusat Laba

d.        Pusat Investasi

50.  Yang bukan merupakan jenis pengukuran aktivitas pusat pemasaran adalah ….

a.        Aktivitas Produksi

b.        Aktivitas Logistik

c.        Penciptaan Pendapatan

d.        Aktivitas Pemasaran


Comments