Makalah Kasus Akuisisi Terhadap Perusahaan Facebook & Whatsapp
Makalah
Kasus Akuisisi Terhadap Perusahaan
Facebook & Whatsapp
Untuk memenuhi salah satu tugas
Mata kuliah Akuntansi Keuangan
Lanjut
Dosen pengampu: Sri Wahyu Handayani,
SE., MMSI
Disusun oleh:
Kelompok 4
Fadiyah Rahma (20220554)
Fajar Yudha Rahmadani (20220566)
Feby Diah Ekawati (20220608)
Fian Nur Dwiansyah (20220616)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Akuntansi
2022/2023
2.1 Pembahasan Alasan Facebook mengakuisisi WhatsApp
2.2 Perkembangan kedua perusahaan setelah terjadinya
akuisisi
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Persaingan bisnis antar perusahaan
sekarang ini semakin sengit disertai perkembangan ekonomi yang terus meningkat
mengharuskan perusahaan melakukan inovasi dalam bisnisnya. Perusahaan perlu
merancang ulang atau membuat strategi baru untuk perusahaannya agar mampu
bersaing dengan perusahaan lain. Strategi perusahaan ini terbagi menjadi dua
yaitu strategi internal dan strategi eksternal. Strategi internal dapat
diimplementasikan dengan mengembangkan produk baru, meningkatkan kapasitas
produksi, meningkatkan kualitas bahan baku, dan meningkatkan kualitas SDM.
Sedangkan strategi eksternal yang dapat diterapkan perusahaan salah satunya
dengan cara melakukan ekspansi
Ekspansi merupakan kegiatan yang
dilakukan perusahaan untuk memperluas atau mengembangkan bisnisnya atau biasa
disebut dengan perluasan pasar. Ekspansi sendiri dibagi menjadi dua yaitu
ekspansi internal dan ekspansi eksternal. Ekspansi internal dilakukan
perusahaan tanpa adanya campur tangan dari pihak diluar perusahaan. Ekspansi
internal dapat berupa meningkatkan kapasitas produksi, mengurangi atau menekan
biaya-biaya, dan mengembangkan produk baru. Sedangkan ekspansi eksternal
dilakukan dengan melibatkan pihak diluar perusahaan. Ekspansi eksternal
dilakukan dengan melakukan penggabungan usaha antara dua perusahaan.
Penggabungan ini biasa disebut juga dengan dan akuisisi. Akuisisi adalah
fenomena yang umum terjadi dalam dunia bisnis. Akuisisi dapat digunakan para
pelaku bisnis untuk melakukan ekspansi usaha dan juga dapat mengupayakan
perusahaan yang sedang bermasalah terhindar dari kebangkrutan yaitu dengan cara
menggabungkannya dengan perusahaan yang tidak bermasalah dengan harapan dapat
memperbaiki permasalahan yang ada dalam perusahaan, sehingga dapat memperbesar
aset dan penguasaan pasar sehingga perusahaan dapat memenangkan persaingan
serta menjaga perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang secara baik.
Alasan perusahaan lebih memilih
melakukan akuisisi karena akuisisi dianggap dapat menciptakan sinergi bagi
perusahan. Sinergi dapat menghasilkan nilai yang lebih besar bagi perusahaan
setelah terjadi akuisisi dibandingkan saat perusahaan belum melakukan akuisisi.
Banyak keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah melakukan akuisisi yaitu
diantaranya perusahaan dapat mencapai skala ekonomi atau menekan biaya
pengeluaran perusahaan. Selain keuntungan lain yang didapat perusahaan adalah
penghematan pajak, perbaikkan manajemen yang dilakukan dengan saling melengkapi
satu sama lain, dan diversifikasi yang memungkinkan perusahaan memiliki jenis
usaha baru atau beragam
Banyak perusahaan yang melakukan
akuisisi untuk memperluas dan memperkuat perusahaan. Salah satu contoh
perusahaan yang melakukan akuisisi adalah Perusahaan Facebook terhadap
Perusahaan Whatsapp. Perusahaan facebook adalah situs web jejaring sosial yang
diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg.
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang berguna untuk mencari teman
lama. Facebook memiliki fitur yang dapat diaplikasikan dengan cara mengirim
video, foto, bermain game, berdiskusi, dan masih banyak lagi. Sedangkan,
Perusahaan Whatsapp adalah aplikasi pesan lintas platform yang memiliki fungsi
untuk mengirim dan menerima pesan dengan gratis tanpa dikenakan biaya SMS, hal
ini dikarenakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web,
berlaku juga untuk penggunaan whatsapp.
1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Alasan mengapa Perusahaan Facebook mengakuisisi
Whatsapp?
1.2.2 Bagaimana perkembangan kedua perusahaan setelah
terjadinya akuisisi tersebut?
1.3 Tujuan
Untuk mengetahui alasan mengapa Perusahaan Facebook
mengakuisisi Whatsapp dan perkembangan kedua perusahaan setelah terjadinya
akuisisi.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pembahasan
Alasan Facebook mengakuisisi WhatsApp
Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg
menyatakan keinginannya untuk memiliki semua lapisan komunikasi di dunia yang
kita tempati. Pengakuisisian Whatsapp
senilai 16 miliar
dolar lebih menjadi
salah satu indikasinya. Facebook mulai tumbuh
dan berkembang dengan cara
menghubungkan manusia dengan berbagi konten atau cerita kepada orang-orang di
sekitarnya. Seiring berkembangnya waktu, Facebook menjadi jejaring sosial milik
privat yang bisa
dikatakan terbesar di
dunia. Diantara kedua perusahaan
ini, kira-kira 1
miliar foto dan
30 miliar pesan terkirim tiap
harinya. Facebook berencana untuk
memiliki semua merek
terbaik dan melayani semua demografi
secara bersamaan. Dan juga
mengakuisisi perusahaan lainnya di masa depan secara independen, untuk
melihat siapa yang
akan menjadi perusahaan
terbesar. Perusahaan ini tentunya tidak ingin
bermain main dengan formula
yang sudah ada
yang malah bisa berbalik
membunuh, baik terhadap
Instagram, WhatsApp, atau aplikasi komunikasi lainnya yang belum
terjamah Facebook. Akuisisi terhadap beberapa perusahaan telah menjadikan
Facebook menjadi perusahaan konglomerat. Tetapi Facebook
tidak hanya memperkaya
portofolio produk mereka, ia
juga memperkaya model bisnis
mereka. Facebook punya
kesempatan untuk membuat WhatsApp
menjadi gratis, seperti
produk-produk lainnya, tapi tidak
mengambil pilihan tersebut. CEO WhatsApp Jan Koum berjanji
bahwa servis mereka akan tetap
bebas iklan dengan model pembayaran 1 dolar tiap tahunnya. Dengan
bergabungnya Koum dalam direksi Facebook, mungkin saja
perusahaan akan mengadopsi
model revenue stream yang sama di masa depan. Kesuksesan WhatsApp dengan
model bisnis tersendiri ini
membuktikan bahwa masih
ada banyak ruang
bernafas bagi penyedia jasa
esensial untuk menjadi
komersil tanpa iklan
atau in-app purchases (pembelian di dalam aplikasi).
Masih
tidak jelas seberapa besar pengaruh
Koum terhadap produk-produk Facebook
di masa depan,
tetapi dengan mengikut sertakan dalam
jajaran direksi, Facebook telah memperkaya proses berpikir mereka.
Slogan internal Facebook adalah “gerak
cepat dan hancurkan
mereka,” tetapi WhatsApp melakukan sebaliknya.
Ketika para kompetitor termasuk Facebook Messenger menambah dan
menghilangkan fitur-fiturnya, WhatsApp
memegang teguh tujuan
utama mereka: untuk menggantikan model berkirim pesan tradisional. Dan
seperti dinyatakan oleh Dan Frommer, kesempatan untuk menggantikan SMS masih
sangat besar–SMS masih merupakan
industri bernilai 100 miliar dolar per
tahun –dan WhatsApp adalah
perusahaan dengan posisi terbaik untuk merebut kesempatan tersebut. Kalau saja WhatsApp meninggalkan
tujuan awal mereka dan
menciptakan platform untuk
permainan, atau mengikuti tren aplikasi berbagi foto, mungkin
WhatsApp tidak akan berada di posisinya sekarang ini. Mempertaruhkan hampir
sepersepuluh kapitalisasi pasar mereka pada sebuah aplikasi pesan adalah resiko besar bagi Facebook, tapi
setidaknya Facebook meletakkan
taruhannya pada satu-satunya aplikasi yang lebih sosial daripada dirinya
sendiri. Menurut Zuckerberg WhatsApp adalah aplikasi satu-satunya yang ia lihat
memiliki tingkat keterikatan lebih tinggi daripada Facebook. Mungkin
itu menjadi alasan utama Facebook
mengakuisisi WhatsApp. Berikut
beberapa alasan lain yang mendukung Facebook mengakuisisi WhatsApp :
1)
Pengguna
WhatsApp yang sangat banyak
Dari data yang diambil pada tahun 2014, pengguna whatsapp
sudah mencapai 450 juta pengguna di setiap bulannya dan 315 juta daily active users (DAU). Sehingga
aplikasi tersebut cukup dikenal oleh seluruh umat manusia dalam negeri maupun
luar negeri.
2)
Whatsapp
menjadi salah satu layanan pesan instan paling populer di dunia
Dari data yang sudah dijelaskan sebelumnya, dilihat dari
sisi jumlah pengguna 70% dari jumlah pelanggan
yang aktif menggunakannya setiap hari. Penggunaan WhatsApp tidak hanya
digunakan di Amerika Serikat melainkan sudah menyebar ke seluruh dunia salah
satunya di Indonesia.
3)
Jumlah
pesan yang dibuat mendekati jumlah keseluruhan besaran jumlah SMS (short
message service) secara global.
4)
Pertumbuhan
Perusahaan WhatsApp meningkat
Semakin tahun, perkembangan Perusahaan WhatsApp mengalami
peningkatan yang diperkirakan 1 juta orang mendaftar atau registrasi menjadi
pengguna Whatsapp setiap harinya.
2.2 Perkembangan kedua perusahaan
setelah terjadinya akuisisi
Ambisi
dari zuckerberg yang berani mendorong keputusan pengakuisisian ini dan
menciptakan keuntungan bagi kedua perusahaan tersebut. Keuntungan
perusahaan dan keuntungan bagi pribadi
masing-masingnya. Di saat Facebook
sibuk menciptakan alat
yang dipakai 1,25
miliar orang, WhatsApp telah
menggantikan alat esensial
untuk banyak orang,
SMS. Whatsapp digunakan oleh lebih dari 450 juta orang tiap bulan, dan
seringkali dapat mencapai tempat-tempat
yang bahkan sulit
dimasuki Facebook dan aplikasi
pesan instannya, seperti
Spanyol dan Swiss. Dengan
mengisi ruangan kosong itu bersama WhatsApp, jalur komunikasi Facebook
menjadi lebih besar dan lebih tersebar jauh lebih luas daripada sebelumnya.
Perusahaan ini memimpin porsi luar biasa
dari pesan dan foto yang dikirimkan orang tiap harinya. Pengguna Whatsapp juga
mengirimkan 200 juta pesan suara setiap hari, angka yang sangat menakjubkan.
Untuk
banyak orang, WhatsApp sepertinya juga telah menggantikan fungsi telepon
tradisional. Akuisisi
terbaru Facebook ini mungkin terlihat seperti pengambilalihan sederhana untuk
aplikasi terpopuler di dunia, dengan beberapa efek samping yang menyenangkan,
tetapi kenyataannya jauh lebih besar daripada itu. Tiap akuisisi yang dilakukan
Facebook memunculkan batasan lain
terhadap berbagai cara yang dapat dipilih orang untuk berbagi dan
berkomunikasi secara privat
maupun publik. Facebook terhadap
WhatsApp dituding menciptakan kondisi anti-persaingan karena Facebook
berencana untuk memiliki
semua fitur terbaik. Sehingga
masyarakat tidak punya banyak pilihan media sosial lain, selain yang berada di
bawah naungan Facebook Inc. Menurut data yang diambil pada Per Januari
2022 WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan terpopuler berdasarkan jumlah
pengguna aktif nomor satu di dunia dengan jumlah pengguna sebesar 2 Miliar.
Sedangkan, Facebook Messenger menduduki peringkat ketiga dengan total 988 juta
pengguna aktif.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari
pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa alasan Facebook mengakuisisi
WhatsApp antara lain: Pengguna WhatsApp yang banyak, WhatsApp menjadi salah
satu layanan pesan instan paling populer di dunia, jumlah pesan yang dibuat
mendekati jumlah keseluruhan besaran jumlah SMS secara global, pertumbuhan
perusahaan WhatsApp meningkat. Pengakuisisian ini menjadi keuntungan besar
terhadap kedua perusahaan. Dengan menjadikan WhatsApp sebagai platform pesan
instan terpopuler berdasarkan jumlah pengguna aktif.
DAFTAR PUSTAKA
Dewi, Putu Yulia Kumalasari, and Ni Putu Santi Suryantini (2018). "Analisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi." E-Jurnal Manajemen Unud 7.5 : 2323-2352.
Dewi, P. Y. K., & Suryantini, N. P. S. (2018). Analisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(5), 2323-2352.
DEWI, Putu Yulia Kumalasari; SURYANTINI, Ni Putu Santi (2018). Analisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi. E-Jurnal Manajemen Unud, 7.5: 2323-2352. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1368688&val=989&title=ANALISIS%20PERBANDINGAN%20KINERJA%20KEUANGAN%20PERUSAHAAN%20SEBELUM%20DAN%20SESUDAH%20AKUISISI
Anjani, Amelia, Ike Atikah Ratnamulyani, and Ali Alamsyah Kusumadinata (2018). "Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan." Jurnal Komunikatio 4.1.
Anjani, A., Ratnamulyani, I. A., & Kusumadinata, A. A. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal Komunikatio, 4(1).
ANJANI,
Amelia; RATNAMULYANI, Ike Atikah; KUSUMADINATA, Ali Alamsyah (2018). Penggunaan Media Komunikasi Whatsapp terhadap
Efektivitas Kinerja Karyawan. Jurnal
Komunikatio.
Comments
Post a Comment